Jumat, 09 Juli 2010

Senandung Masa SD


Perilaku Aneh (baca: Bodoh) Jaka Nangrub tidak dimulai ketika ia beranjak dewasa, ia telah aneh sejak SD bahkan sejak Lahir simaklah cerita berikut ini.

menurut pengakuan orang tuanya, Jaka Nangrub adalah anak yang kerap kali menjatuhkan diri dari tempat tidur ketika masih balita dan hal ini cukup sering terjadi padahal orang tuanya telah membentengi tempat tidur anaknya itu dengan bantal dan guling dengan maksud agar anaknya tetap berada di tengah kasur dan tidak jatuh ke lantai.

Namun entah bagaimana caranya Jaka Nangrub bayi tetap sering membenturkan diri pada lantai, sehingga ketika dewasa tak ayal kepalanya sukses membentuk kurva dengan persamaan Y =36 X² + 5 ⅔ ∏ X- 25  (Jangan kalian tanya gimana bentuknya! Karena ilmu Matematikaku pas – pasan, aku bahkan nggak yakin apakah kurva ini akan membentuk kepala manusia) mungkin hal ini pula yang mempengaruhi kinerja otaknya dalam memproses stimulus yang diterima yang seringkali menghasilkan reaksi yang tidak sesuai dengan akal manusia biasa dan menjadi kebodohan – kebodohan yang menjadi kegemaran kalian para pembaca.

Masa Sekolah Dasar di lalui Jaka Nangrub di kota Rantau Prapat, Sumatra Utara tepatnya di SD PPR Rantau Prapat. Teman masa SD Jaka Nangrub yang pertama adalah seorang anak dari anggota Polisi Militer (PM) sebut saja si Cody bukan nama sebenarnya (keren bener namanya?),Cody ini teman sebangku Jaka Nangrub yang pertama ketika ia mengenyam bangku SD , Cody ini teridentifikasi sebagai anak yang gemuk badannya dan kehitaman kulitnya, Kegemaran Cody adalah "menCAri PERhatian" (CAPER) teman – temannya, Guru – guru , Penjual Jajanan, anak – anak TK, Kakak Kelas Dll. Berbagai kegiatan mencari perhatain ia lakukan yang terkadang di tiru oleh Jaka Nangrub kecil, misalnya saja tanpa alasan yang jelas mereka berdua (Jaka Nangrub dan Cody) menjatuhkan diri bersama bangku Panjang yang menjadi tempat duduk mereka sehingga dua makhluk bertubuh gemuk itu menimbulkan kegaduhan di kelas, dan kedua nya tak pernah celaka karena perbuatan ini

Selain terkenal sebagai pencari pengetahuan eh perhatian, Cody ini juga gemar mengumbar cerita bohong, dan siapa lagi makhluk yang menjadi korbannya kalau bukan Jaka Nangrub, Jaka Nangrub terpilih sebagai obyek kebohongan Cody dengan alasan :



  1. Cody paling sering berinteraksi dengan Nangrub
  2. Siapa lagi teman yang mudah di Bodohi kalau bukan Jaka nangrub 
  3. Siapa lagi yang teman bisa percaya dengan khayalan murahan kalau bukan Jaka Nangrub
  4. Siapa lagi yang teman paling ganteng sekelas kalau bukan Jaka Nangrub (ye... Gak nyambung!, biarin!)

Seperti apakah kebohongan yang dilakukan oleh Cody terhadap Jaka Nangrub? Apakah Cody melakukan penipuan yang menyebabkan Jaka Nangrub Kehilangan Warisan dari orang taunya ? (Ya nggak lah, kriminal banget tuh).

Hal yang paling sering di ceritakan oleh Cody pada Jaka Nangrub kecil adalah bahwa sesungguhnya mereka itu bersaudara (Wow), mungkin karena hubungan pertemanan yang sudah terlalu dekat antara mereka berdua, Cody selalu berkata kalau Jaka Nangrub adalah adik kembarnya yang hilang kerena jatuh ke dalam sungai (ngapain juga Ibumu mainan di Sungai Cod?), terus sekarang kami bertemu kembali untuk menguasai Dunia (Lho?), jujur saja Jaka Nangrub kecil yang masih LUGU (Lucu Guoblok) kala itu percaya aja kalau Cody adalah Kakaknya yang sebenarnya. Masya Alloh.

Gara – gara Opini yang selalu dikumandangkan oleh Cody ini, kerap kali membuat Jaka Nangrub kecil bertanya – tanya sendiri pada dirinya "Apa benar aku anak mama, kalau benar kenapa aku kok sering dimarahi?, kenapa kok aku lebih sering berbuat kebodohan dibanding saudara yang lain?", tapi walaupun percaya kalau Cody adalah saudara kembarnya tidak lantas membuat Jaka nangrub memutuskan untuk tinggal bersama dengan "kembaran"nya tersebut. (yo extrim iku kalo sampai kejadian), ibunya Cody juga pasti bingung kalau harus mengadopsi Jaka Nangrub yang tentunya akan menghabiskan jatah nasi di keluarga Cody tanpa memberikan nilai tambah sedikitpun, paling banter cuma untuk mengganjal pintu atau lemari yang miring, mungkin ceritanya akan lain Jika aku bisa menelurkan emas (Emang Angsa dalam dongeng?).

mengapa si Jaka nangrub bisa terjebak dalam cerita bohong itu selama beberapa tahun mungkin disebabkan oleh Imajinasi berlebihan si Jaka Nangrub yang memang menjadi bakatnya di tambah dengan Cody yang jago bikin cerita bohong ala Telenovela

Kebohongan Cody tidak berhenti sampai di situ, masih dengan korban yang sama siapa lagi kalau bukan Jaka Nangrub. Cody sering mengumbar cerita bahwasannya ia adalah Super Hero yang memiliki Jubah Zirah ala Serial Kartun "Saint Saiya", keluarganya adalah sekumpulan super hero yang berbalut dengan kehidupan manusia biasa sebagai bentuk persembunyian, mereka adalah keluarga yang menjaga perdamaian dunia (WOW!!!).

Cody bercerita bahwa ia mewarisi jubah zirah berwarna merah yang harus ia ambil dari gunung berapi di daerah antah berantah, jubah Zirah itu ia dapatkan dengan susah payah dibawah siksaan panas Kawah gunung berapi, dan akhirnya ia berhasil mendapatkannya.

Cody juga bercerita bahwa adik kandungnya (bukan Jaka Nangrub pastinya) merupakan pewaris kekuatan semut api (Semut berwarna merah yang kalau menggigit menimbulkan bentol dan gatal pada kulit), sehingga jika kita jahat maka ia (Adiknya Cody) akan gunakan kekuatannya jurus "Cubitan Maut Perenggut Sukma" untuk melawan dan mengalahkan musuhnya, ia juga bercerita bahwa bapaknya, Ibunya, Abangnya, Pembantunya yang juga memiliki kekuatan serupa (tapi aku sudah lupa masing – masing kekuatan mereka) . Cody juga mengaku kalau ia memiliki Robot ala "Megazord" milik Power Ranger yang merupakan bagian dari kekuatan Jubah Zirah miliknya.

Jaka Nangrub kecil yang lugu saat itu sangat mempercayai cerita di atas bahkan ia bisa membayangkan bagaimana jika si Cody dan keluarganya jika berubah menjadi super hero yang menjaga perdamaian kota, namun Khayalan Jaka nangrub itu tidak pernah terbukti, ketika Jaka Nangrub yang sangat tertarik dengan cerita Fantasi dari Cody bertanya "Mana kekuatan mu?, mana Robotmu?" ,maka temannya itu akan mengelak untuk menunjukkan barang – barang dan kekuatan tersebut dengan alasan yang bermacam – macam. Mulai dari sedang diperbaiki karena habis digunakan bertarung (di buat ngelawan tikus di rumahnya kali), Tidak di bolehkan ibunya untuk ditunjukkan pada masyarakat biasa karena dikhawatirkan penyamaran mereka akan terbongkar dan musuh akan dengan mudah menyerang mereka, sampai dengan Zirah dan Robot yang dipinjam oleh tetangga (Lho!,Kok kamu Gak Boleh Pinjam Nang?). dan Nangrub yang Loegoe tetap saja percaya.

Untuk memastikan kebenaran cerita temannya Jaka Nangrub Kecil sampai datang kerumah temannya tersebut untuk bermain – main, barangkali aja Zirahnya lagi tidak dipakai dan robotnya lagi di cuci sehingga Jaka Nangrub kecil bisa mencoba memakainya, rumah Cody cukup sederhana dengan menggunakan Papan – Papan kayu sebagai bahan utama, namun Nangrub kecil tetap percaya satu ruangan di dalam rumah ini menyimpan Zirah dan Robot yang diceritakan oleh temannya tersebut (sadar nang!, kamu kebanyakan nonton power ranger tiap minggu)

Tidak ada teknologi milik superhero ala Power Ranger yang di jumpai Jaka Nangrub dalam rumah temannya itu, bahkan rumah Jaka Nangrub jauh lebih bagus dan berteknologi (kelengkapan alat elektronik) dibandingkan rumah temannya tersebut, dirumah temannya itu Jaka nangrub juga berusaha menjaga sikap. takut kalau mereka sekeluarga berubah lalu membumi hanguskan kehidupannya.

Makanan yang ketika itu disuguhkan kepada Jaka Nangrub juga tampak Asing, "ini kok ada Tempe warnanya Coklat tua banget?" pikir Jaka Nangrub,"kayaknya mama gak pernah deh masak yang kayak gini !", dan Jaka Nangrub mempercayai kalau Tempe itu adalah "Tempe Masak Ala Super Hero", setelah tempe itu masuk mulutnya dia merasakan hal yang berbeda dari tempe – tempe yang pernah ia makan sebelumnya "Tempe ini rasanya manis, Ajaib, gak salah lagi, kalau ini makanan super hero!", habis itu si Jaka Nangrub yang lugu bertanya pada ibunya Si Cody "Tante, Tempe ini namanya tempe apa?", dan Ibunya yang gemuk menjawab dengan Mantab.


"Itu namanya Tempe Bacem!".


Jaka Nangrub baru tahu bahwa segala cerita temannya tentang Keluarga pembasmi kejahatan, zirah merah dari Gunung berapi dan juga Robot – robot kendali yang dimilikinya dan keluarga tersebut adalah kebohongan belaka pada saat kelas 5 SD (lemota amat mikirmu nang), dan ketika Jaka nangrub mencoba untuk mengingatkan kembali memori temannya tersebut terhadap kebohongan yang sering dia umbar selama kelas 1 SD dulu,si Cody sudah tidak ingat sama sekali. 

Jaka nangrub memang penuh dengan Khayalan,diantaranya Super Hero Khayalan, Mainan Khayalan, Teman Khayalan, Kekasih Khayalan. 


masih banyak cerita masa SD Jaka Nangrub yang akan saya ceritakan, nantikan di postingan berikutnya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

di isi ya! jangan nyontek, selesai gak selesai harus di kumpulkan!